Tips Mendapatkan Hunian Tanpa Riba dengan Syariat Syariah

Konsep syariah tidak hanya berlaku bagi perdagangan atau melulu soal uang. Namun ternyata bisa diaplikasikan ketika Anda mencari hunian. Karena bisnis properti begitu menjanjikan dan ibarat bermain dengan uang, maka resiko adanya riba sangat mudah dijumpai.


Bagi Anda yang menginginkan untuk membeli hunian baru namun tetap dengan jalan yang benar tanpa riba, Anda bisa melakukannya. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal secara detail agar proses pembelian sesuai syariah agama.

4 Tips Memiliki Hunian Syariah Tanpa Riba

Berikut ini merupakan tips-tips bagi Anda yang ingin membeli hunian dengan cara yang diatur oleh agama:

1. Membeli kavling

Anda bisa membeli kavling terlebih dahulu. Harga tanah semakin mahal seiring berjalannya waktu sehingga yang perlu diamankan pertama kali adalah kepemilikan tanahnya. Terlebih jika uang yang dimiliki terbatas, maka ini adalah satu-satunya jalan pilihan.

2. Cicilan tanpa bank

Agar terhindar dari riba, Anda bisa mencoba cicilan tanpa bank. Prosesnya adalah, Anda mencicil rumah secara langsung ke pengembang tanpa melalui bank. Yang harus dicermati disini adalah apakah pengembang rumah yang akan Anda beli menawarkan cara ini atau tidak. Beberapa pengembang mungkin tidak menawarkan pembayaran seperti ini sehingga Anda perlu cara lain.

3. KPR Syariah

Tips selanjutnya merupakan tips yang paling banyak diminati. Kini ada program KPR syariah yang jelas akan membantu pembeli untuk mendapatkan hunian dengan cicilan berbasis syariah.

KPR Syariah sendiri terdiri dari beberapa pilihan. Pilihan pertama adalah KPR dengan akad murabahah. Pilihan kedua da ketiga yaitu KPR dengan akad ijarah muntahia bittamlik dan akad mutanaqisah. Sedangkan jenis keempat yaitu akad ishtisna. Setiap jenis KPR syariah ini memiliki perbedaan dalam akadnya, namun dijamin akan memenuhi syariat yang berlaku.

4. Membeli dengan cash

Pilihan terakhir adalah membelinya dengan cash. Dengan membayar cash, maka unsur riba tidak akan terjadi. Namun tips ini memiliki kekurangan. Kekurangannya yaitu biasanya harga cenderung mahal sehingga susah untuk dilakukan. Terkadang pihak pengembang juga tidak memberi opsi lain. Biasanya, pengembang akan memberikan waktu minimal 3 bulan untuk melakukan kredit.

Tips terakhir ini berlaku jika Anda memiliki budget yang cukup dengan harga rumah serta pengembang mengizinkan untuk membelinya dengan bayar tunai. Jika tidak ada pilihan ini, sebaiknya memilih pembayaran berbasis syariah.

Pembayaran cash sendiri sebenarnya memiliki alternative lain, yaitu tunai bertahap. Tunai bertahap adalah membayar secara bertahap sesuai perjanjian tanpa ada sedikitpun unsur riba di dalamnya.

Kunci mendapatkan hunian tanpa riba adalah pada pembayarannya. Jika Anda sedang mencari hunian, periksalah cara membayarnya. Beberapa pengembang mungkin menyediakan cara pembayaran yang mengusung konsep syariah. Jika hal ini penting bagi Anda, maka sebaiknya tanyakan secara langsung kepada agen maupun marketing dari pengembang tersebut.